Senin, 23 April 2012

Jenis Kelinci

Tipe Kecil (Small)

  • Netherland Dwarf (09Kg - 1.2Kg)
Tubuh nya yg kecil dan kompak, leher nya yang pendek serta kuping yang kecil dan pendek dengan panjang max 5cm. Bentuk kepala juga besar namun ideal dengan proporsi badan.






  • Jersey Wooly (1.5Kg - 2Kg)
Tidak beda jauh dengan Netherland dwarf. memiliki tubuh kecil dan kompak. perbedaan nya adalah bulu di badan lebih panjang dan seperti wool. Panjang bulunya 5cm - 6cm.








  • Britanian Petit (1Kg - 1.5Kg)
Memiliki badan yang kecil serta ramping dengan kaki depan panjang dan tegang namun melengkung. Kuping berdiri dengan tegak dan rapat saat di pose.










  • Holland Lop (1.4Kg - Max 2Kg)
Holland lop di ciptakan oleh Adrian De Cock. persilangan dari French Lop dengan Netherland Dwarf. Tubuhnya yang kecil dan kompak, memiliki kaki yang pendek serta kepala yang bulat.kuping turun dengan rapat dan panjang kuping ideal adalah tidak lebih dari 2.5cm dari dagu.






  • Dutch (2Kg - 2.5Kg)
Dutch adalah kelinci yg memiliki pola warna yg unik. Memiliki marking warna yang seperti sabuk. Kelinci ini adalah tipe kecil, memiliki gen yang dominan serta sifatnya yang jinak.
Kelinci dutch adalah pengasuh anak yang baik.
Dutch mempunyai warna asli Hitam-Putih. namun pada perkembangannya ada banyak warna seperti Kuning-Putih, Cokelat-Putih, Biru-putih dan Abu-abu-Putih.
  • American Fuzzy Lop (1.4Kg - 2Kg)
American Fuzzy Lop(AFL) hampir mirip dengan Holland Lop. Namun AFL keluar dari gen resesif yang dikembangkan oleh Patty Greene-Karl dan Gary Fellers.









  • Himalayan (1.2Kg - 2Kg)
Asalnya dari pegunungan himalayan. dan menyebar ke daerah, rusia dan dataran tinggi himalaya. Memiliki tubuh panjang dan yang membuatnya unik adalah point di kuping, ke empat kakinya dan ekor. Yang unik nya warna seal itu tergantung oleh suhu.. semakin diungin suhu maka point itu akan semakin pekat warnanya.








Tipe Sedang (Medium) 
  •  English Angora (2.5Kg - 3.6Kg)
Kelinci ini memiliku bulu yang lebat dan banyak sampai ke kuping-kuping nya, sifat nya yang jinak dan lembut. English angora yang bagus bulunya mengembang dengan tekstur yang kuat dan tidak mudah putus. Bulunya pun padat. Bulunya di Kaki Juga membentuk seakan memakai sepatu. Perhatikan di Kuping juga memiliki bulu yang tebal  panjang bulu angora 6cm-7.5cm.


  • Rex (3.4Kg - 4.7Kg)
Rex adalah kelinci yang memiliki bulu seperti karpet dengan tekstur bulu yang padat dan lembut. Panjang bulu rex 1.3cm-2.2cm, badan nya padat dan kompak serta memiliki gelambir di bawah dagu. Kepala jantan yang besar dan biasanya betina memiliki badan yang lebih besar dari jantan. Di luar negeri rex betina mencapai 4.7Kg.


  • French Angora (7.5Pound - 10Pound)
French angora memiliki body yg bulat dan panjang. Kuping tegak, dan beda dengan english angora. Pada bagian wajah tidak memiliki bulu, dan di bagian kuping hanya memiliki bulu yang tipis. Banyak warna yang ada di french angora.






  • California (4Kg - 5.5Kg)

California ada hasil silangan antara chincila, himalayan dan newzealand.
memiliki tubuh yang panjang dan kuping yang tegak.. corak yang ada pada kuping, hidung, ke empat kakinya dan ekor, sama dengan himalayan namun yang membedakan adalah besar badannya.






  • French lop ( > 4.5Kg)
FL adalah jenis lop terbesar diantara jenis lop. berasal dari perancis. Dengan tubuh bilat gempal dan besar, terdiri dari warna solid, charlie dan broken.








Tipe Besar (Large)

  • Flemish Giant (6Kg - 14.5Kg)
Flemish giant adalah tipe kelinci besar dengan standard nya diatas 6bln harus 6kg. Memiliki tubuh panjang dan pada bagian pinggul bulat, serta kuping panjang (16cm atau lebih). Flemish Giant hanya memiliki warna solid atau warna tunggal. tidak ada warna charlie atau totol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar